Bahaya Menggigit Kuku

Bahaya Menggigit Kuku

Banyak orang yang punya kebiasaan menggigit kuku, terutama saat merasa cemas. Namun, segeralah hentikan kebiasaan itu. Dilansir dari Mayo Clinic, menggigit kuku sendiri memiliki bahaya tersembunyi. Berikut hal-hal yang bisa terjadi padamu.

1. Berisiko terkena infeksi bakteri dan jamur

Saat berhasil menggigit dan mencabut kukumu, kulit halus di bawah kukumu akan terlihat. Daerah tersebut sangat rentan terkena bakteri dan jamur. Adapun, infeksi yang kerap terjadi adalah paronikia yang biasanya muncul di sekitar kuku tangan atau kaki. Jika terlanjur, kamu bisa merendam tanganmu pada air hangat untuk meredakan bengkak dan rasa nyeri

2. Posisi gigi bergeser dan email gigi rusak

Tak hanya berbahaya untuk tanganmu, menggigiti kuku berbahaya untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Posisi gigimu rawan bergeser dan email gigimu bisa rusak. Bahkan, tak jarang juga kuku melukai gusi sehingga bisa menyebabkan infeksi dan bengkak.

3. Jari kuku meradang dan bengkak

Air liur di mulutmu memiliki senyawa kimia untuk memecah molekul makanan dan lemak. Itu sebabnya, jika dilakukan terlalu sering bisa menyebabkan jarimu meradang dan kulit di sekitar kukumu rusak.

4. Kuku tumbuh tak normal

Kebiasaan menggigit kuku ternyata juga bisa membuat kukumu tumbuh ke dalam, lho. Kuku memiliki lapisan generatif sebagai fondasi untuk kuku tumbuh. Jika terbiasa menggigitinya, lapisan tersebut akan rusak sehingga kuku tumbuh ke dalam.

5. Bakteri pada kuku yang digigit bisa menyebabkan sakit perut

Kamu tak tahu bakteri macam apa yang bersembunyi di balik kuku jarimu. Saat menggigit kuku, bisa jadi bakteri tersebut masuk ke pencernaanmu sehingga menimbulkan rasa sakit. Tak hanya sakit perut, kamu pun bisa mengalami beragam penyakit lain, terlebih jika kamu menggigit kukumu yang masih kotor.

6. Muncul kutil periungual akibat human papillomavirus (HPV)

Saat menggigiti kuku, HPV visa masuk melalui luka atau goresan. Kutil yang kecil mungkin bukan masalah. Namun, lama-kelamaan bisa membesar dan membuat kukumu terlihat buruk. Jika terjadi, kamu bisa mengobatinya dengan injeksi antigen atau menggunakan asam salisilat.

7. Terkena herpetic whitlow akibat virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2

Virus tersebut bisa masuk melalui luka jari yang terbuka. Biasanya, hal ini bisa terjadi jika kamu menderita herpes oral. Akibatnya, kamu akan merasakan demam dan rasa kebas.

Ternyata ada banyak sekali risiko kesehatan akibat menggigiti kuku. Itu sebabnya, yuk hentikan kebiasaan ini!

No comments

Powered by Blogger.