Sudah Tahu Cara Membuat Print Kain Menggunakan White Transfer Paper? Yuk Simak Disini


Sudah Tahu Cara Membuat Print Kain Menggunakan White Transfer Paper? Yuk Simak Disini

Dalam beberapa dekade terakhir, dunia printing mengalami beberapa perkembangan yang membuat proses industri tekstil semakin mudah. Bayak teknik dan metode print kain yang ditemukan dan digunakan oleh khalayak umum. Bisnis yang terbuka adalah bisnis yang berkemungkinan besar bertahan dan tidak tertinggal oleh perkembangan jaman. Bisnis percetakan adalah salah satu bisnis yang terbuka dan merupakan kebutuhan semua orang.

Media yang sering digunakan dalam dunia percetakan atau printing adalah white transfer paper. Dimana media ini berupa kertas bening yang memiliki kemampuan dalam menangkap tinta atau warna dengan sangat baik. Selain dapat menangkap tinta dengan baik, pelepasan tinta juga tidak membutuhkan proses atau waktu yang lama. Yuk simak bagaimana cara menggunakan dan apa saja keunggulan dari media satu ini.

Kelebihan dari Media White Transfer Paper
Kelebihan yanng dimiliki dari kertas ini yang pertama adalah dari segi Kualitas yang memiliki standar internasional. Transfer paper juga dapat diaplikasikan dengan banyak jeniss printer seperti canon, HP, Epson, dan lain-lain. Trnasfer paper lebih cocok digunakan tinta berjenis tinta anti UV, Pigment Durabrite, dan juga tinta Dye Based. Kertas ini juga dapat dijadikan media kepada segala jenis print kain dan bisa mempercepat proses sablon pada kaos.

Spesifikasi White Trasnfer Paper
Selain kelebihannya dalam menghasilkan kualitas transfer yang lebih halus dan memuaskan dengan kontras warnanya yang ciamik, transfer white paper memiliki beberapa spedifikasi diantaranya adalah dapat dicetak dengan setting DPI terttinggi sehingga hasilnya akan lebih baik daripada menggunakan sablon manual. Kertasnya berstandart ISO 9001 yang dibuat okeh pabrik impor berkualitas dan tersedia dalam 2 varian hasil, yaitu Doff atau Glossy.

Cara Menggunakan White Transfer Paper
Pada dasarnya, White Transfer Paper digunakan untuk print kain. White transfer paper berfungsi untuk menjadi media dari sebuah desain. Desain tersebut akan dipindahkan ke sebuah kain tertentu seperti kaos dan sebagainya untuk dijadikan dasar permanen. Pemindahan dari transfer paper menggunakan sistem press yang membuat hasilnya menjadi lebih optimal. 

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan transfer atau pemindahan Hal pertama adalah desain yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan sudah dicetak di white transfer paper. Selain itu kamu harus meyiapkan Kain yang akan digunakan sebagai media pemindahan desain.  Kamu juga harus menyiapkan Mesin Press Kaos dengan suhu berkisar antara 185 derajat celcius dan waktu press 20 detik beserta kertas anti panas untuk menghantarkan suhu panas.

Setelah perlengkapan tersebut sudah siap digunakan, maka kamu  bisa memulai proses percetakannya dengan langkah-langkah berikut ini. Atur posisi kain di atas permukaan mesin press secara rapi. Disarankan agar melakukan press terlebih dahulu dengan waktu yang lebih cepat untuk menghindari kain kusut dan hasil desain yang berantakan.

Setelah itu, Letakkan transfer paper diatas print kain dengan bagian yang terdapat gambar menghadap ke sisi kain dan lapisi bagian atas transfer paper dengan Kertas Anti Panas untuk mendapatkan suhu panas yang merata disetiap sisi kertasnya. Lakukan prosedur pressing pada White Transfer Paper dan kain dengan suhu 185 derajat celcius selama 20 detik. Lalu tutup mesin press dan tekan tombol cetak atau print. Setelah selesai segera kelupas transfer paper yang masih menempel di bagian kain.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah ditunjukkan kemungkinan besar hasil desain pada kain yang dicetak akan lebih rapi dan memiliki kualitas High Definition atau HD karena gambar yang akan kamu dapatkan akan lebih tajam dan mendetail. Kesulitasn yang kamu temui saat bergerak di dunia printing seperti hasil tidak tajam, tinta yang ditangkap tidak sempurna, bisa diatasi dengan adanya white transfer paper ini.


No comments

Powered by Blogger.