Mengapa Kap Mobil Mengeluarkan Asap?

 

Kap Mobil

Banyak orang yang akhirnya bisa mewujudkan impiannya memiliki mobil berkat adanya cicilan mobil murah Bekasi. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang hanya tahu menggunakan mobil tanpa tahu cara merawatnya. Akibatnya ketika mobil memperlihatkan gejala ketidakberesan, mereka langsung panik dan tidak tahu harus bagaimana.

Misalnya saja ketika tiba-tiba muncul asap dari area kap mobil. Banyak yang akan langsung pergi meninggalkan mobilnya karena takut mobil akan terbakar. Padahal, tahukah Anda bahwa keluarnya asap dari kap tidak selalu disertai dengan kebakaran? Agar Anda tidak panik dan mengambil tindakan yang salah, yuk ketahui penyebab munculnya asap dari kendaraan:

1.      Oli Terbakar

Penyebab pertama mesin mobil bisa terbakar adalah dari oli yang tercecer dan menyentuh panas mesin (exhaust manifold). Oli akan terbakar oleh panas dari mesin yang dihidupkan, sehingga muncul asap biru tipis yang keluar dari dalam kap.

Masalah ini tergolong ringan karena jika ceceran tidak banyak dan sudah habis terbakar maka asap akan hilang dengan sendirinya. Namun Anda harus berhati-hati ketika lebih dari 2-3 jam, bisa jadi oli mengalami kebocoran.  Bocornya oli bisa terjadi karena filter pemasang oli kurang kencang atau sealnya rusak. Kalau sudah seperti ini, Anda harus meminta bantuan ahli untuk mengatasinya.

2.      Packing Knalpot yang Rusak

Nah jika asap biru menandakan oli terbakar, maka asap berwarna abu kehitaman menandakan terjadinya pembakaran mesin. Pada umumnya, pembakaran mesin akan diarahkan ke knalpot atau catalytic converter.

Apabila asap hitam sudah mengepul, itu tandanya terjadi kebocoran pada knalpot mobil. Biasanya juga disertai dengan suara kasar yang dihasilkan dari pembakaran yang  tidak sepenuhnya disalurkan ke mufler.

Solusi mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti packing jika memang sudah rusak, atau bisa juga memeriksa sambungan knalpot yang kurang kencang.

3.      Overheat Pada Mesin

Penyebab yang ketiga adalah terjadinya overheat, yang mana kondisi suhu mesin melebihi suhu kerja dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Tandanya adalah temperatur kabin naik dan munculnya asap putih dari dalam kap mesin.

Asap tersebut berasal dari coolant atau air yang terbakar oleh panas mesin. Kuantitasnya bisa dibilang cukup banyak sehingga ketika dibuka asap akan langsung keluar dan mengenai wajah.

Cara mengatasinya, Anda harus mematikan mesin kendaraan terlebih dahulu untuk mendinginkan mesin dan kemudian memanggil tenaga ahli untuk mengecek kondisi mobil dan menservisnya. Ingat, jangan pernah coba untuk membuka tutup radiator ketika mesin dalam kondisi panas.

Beberapa poin di atas bisa saja disebabkan karena mesin mobil yang sudah tua, tidak pernah terawat dengan benar, dan menggunakan spare part non original. Oleh karena itu, penting untuk meneliti mana tempat yang paling pas untuk membeli mobil bekas.

 

No comments

Powered by Blogger.