Ini Dia Beragam Penyakit yang Diakibatkan oleh Minuman Beralkohol

  

Minuman Alkohol

Minuman beralkohol yang tidak baik untuk kesehatan bukan lagi rahasia. Sebab, minuman ini dapat menyebabkan kecanduan, penyakit kanker, juga merusak berbagai organ tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, menghindari atau mengontrol konsumsi minuman beralkohol penting untuk Anda lakukan. Selain menjauhkan Anda dari beberapa penyakit berikut, tidak kecanduan alkohol juga membuat Anda tak perlu memakai quota dari produk asuransi kesehatan yang dimiliki Anda untuk berobat. Dengan begitu, manfaat penuh pertanggungan bisa Anda dapatkan kembali di akhir periode pertanggungan.

Berikut adalah berbagai penyakit yang dapat timbul akibat mengonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah yang berlebihan.

 

1.       Perlemakan hati

Perlemakan hati adalah kondisi penumpukan lemak pada hati karena konsumsi minuman berlakohol dalam jumlah yang terlalu banyak ataupun terlalu sering. Perlemakan hati pada umumnya tidak menunjukan gejala khusus. Sebab, tanda-tandanya sekadar berupa hilangnya nafsu makan, turunnya berat badan, timbulnya perasaan lelah dan lemah, juga munculnya perasaan bingung (Alodokter). Namun, penyakit ini bisa berkembang dan menyebabkan gangguan hati seperti peradangan hati (hepatitis) ataupun kerusakan fungsi hati.

 

2.       Hepatitis

Hepatitis dapat terjadi ketika hati sudah dipenuhi lemak, namun gaya hidup tak sehat seperti konsumsi minuman beralkohol tidak dihentikan. Pada akhirnya, muncullah peradangan pada organ tersebut. Gejala hepatitis bisa berupa demam, nyeri sendi, nyeri perut, dan penyakit kuning. Menurut Alodokter, hepatitis bisa bersifat akut (datang tiba-tiba dan cepat) juga kronis (datang perlahan dan bertahap). Jika tidak lekas ditangani, hepatitis bisa mengarah pada komplikasi, seperti gagal hati, sirosis, ataupun kanker hati.

 

3.       Sirosis

Kondisi terparah yang dapat dialami oleh pecandu minuman beralkohol adalah penyakit sirosis. Penyakit ini terjadi ketika hati sudah sangat rusak dan mengeras karena dipenuhi oleh jaringan parut. Ketika liver mengalami sirosis, fungsi hati pun tentunya terganggu. Berbeda dengan perlemakan hati dan hepatitis, sirosis tidak bisa disembuhkan dan perlu menjalani transplantasi hati untuk bisa bertahan hidup.

 

4.       Kanker

Selain dapat meningkatkan risiko kanker hati, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan berbagai jenis kanker. Beberapa jenis kanker yang dimaksud meliputi kanker payudara, kanker usus besar, kanker mulut, juga kanker pankreas.

 

5.       Gangguan sistem pencernaan

Bahaya lain yang disebabkan oleh seringnya atau banyakanya mengonsumsi miniman beralkohol adalah terganggunya sistem pencernaan, seperti tukak lambung dan pakreatitis. Orang yang terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol juga lebih rentan mengalami kekurangan gizi, karena saluran cernanya tidak bisa mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik.

 

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai penyakit yang disebabkan oleh minuman berlakohol. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.